Minyak Kelapa Sawit

Dengan 54% pangsa pasar dan USD 26,4 miliar ekspor tahunan, Indonesia tentunya adalah penghasil dan eksportir minyak sawit terbesar di dunia. Walaupun tanaman sawit bukan asli dari Indonesia, melainkan Afrika, tapi Indonesia sukses membudidayakan kelapa sawit sehingga mampu menjadi pengekspor minyak sawit terbesar di dunia.

Daftar Sumber Daya Alam Yang Di Ekspor

Kopi dengan penjualan terbaik di Starbuck ternyata kopi asal Sumatera

Minuman dari kopi saat ini tidak hanya sebagai alexis jakarta sekadar minuman saja. Kopi sudah menjadi minuman favorit warga indonesia di setiap paginya. Perihal kopi ini, ternyata Indonesia adalah pengekspor besar di dunia. Bahkan, salah satu brand cafe minuman kopi besar di dunia menjual jenis kopi asal Sumatera.

Penghasil kakao terbesar dari Indonesia ada di daerah Sulawesi

kakao juga menjadi salah satu komoditi andalan Indonesia. Indonesia mampu menghasilkan kakao dengan kualitas yang sangat baik. Tak heran indonesia menjadi nomor 1 penghasil kakao. Daerah penghasil kakao terbesar berasal dari Sulawesi Tengah. Sementara di posisi kedua ditempati oleh Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara berada di posisi ketiga. Sisanya ada di Bali, Aceh, NTT, NTB, Sumatera Barat, dan beberapa daerah lainnya.

Pengekspor vanili terbesar kedua di dunia

Indonesia mampu mengekspor sebanyak 2.304 ton. Walaupun Indonesia mampu menghasilkan vanili dengan kualitas terbaik dan menjadi pengekspor besar di dunia, ternyata banyak warga negara Indonesia sendiri yang belum mengetahui bentuk asli vanili itu sendiri seperti apa. Kebanyakan warga Indonesia membeli ekstraksi dari vanili sebagai bahan campuran pada kue.

Ekspor karet Indonesia meningkat tajam

Jalur ekspor karet dari Indonesia meningkat cukup tajam beberapa tahun belakang ini.Indonesia menduduki posisi kedua sebagai penghasil karet terbesar di dunia. Untuk bisa menjadi pengekspor besar di dunia hal itu tentu merupakan hasil dari kerja keras dan kesabaran para petani untuk menjaga kualitas karet. Agar manfaat ekonomi dari getah karet bisa meningkat, tentu dibutuhkan upaya peningkatan nilai tambah dari getah karet itu sendiri.