Gerakan Membangun Perkebunan Teh Rakyat – Banyak info di sektor teh Indonesia, terutamanya menyangkut perkebunan teh rakyat. Sejak kejayaannya pada tahun 80an, petani teh Indonesia mengalami pasang surut yang menyebabkan bermacam-macam dampak, diantaranya ketika harga pucuk basah tak kunjung mengalami peningkatan menyebabkan terjadinya konversi lahan teh secara massif. Baik itu perkebunan teh milik rakyat ataupun milik Slot Gacor Maxwin negara. Sejurus dengan itu, banyak perkebunan teh (terutamanya milik rakyat) yang kini tak terkelola dengan bagus, situasi kebun apa adanya dan kurang terawat. Hal ini banyak disajikan bahwa tarif perawatan kebun tak sebanding dengan pendapatan harga panen teh.

Mengangkat lagi tradisi minum teh - ANTARA News Jawa Barat

Jika situasi kebun teh rakyat dibolehkan demikian terus menerus dan tak ada terobosan, mungkin akan berdampak pada 10 atau 20 tahun yang akan datang, perkebunan teh rakyat akan kian berkurang dan Indonesia tak mempunyai potensi sebagai negara penghasil teh dunia. Sementara disatu sisi, perkebunan teh memberikan lapangan kerja bagi masyarakat, bagus sebagai pekerja kebun, buruh petik, pengumpul pucuk, karyawan pabrik, perusahaan eksportir dan lain sebagainya. Indikator ini sebaiknya yang perlu kita cermati untuk membaca arah dari industri teh nasional, mengingat perkebunan teh rakyat menjadi pemasok terbesar bahan baku dalam industri teh nasional.

Paguyuban Tani Lestari sebagai motor pemrakarsa dan organisasi petani teh menggagas untuk melaksanakan cara manajemen kebun bersama, yakni pola pengelolaan kebun teh rakyat terpadu. Dimana pemilik kebun memberikan kuasa terhadap kelompok atau koperasi petani yang ada di wilayah masing masing untuk melaksanakan pengelolaan dan perawatan kebun secara intensif dibawah kontrol Paguyuban Tani Lestari. Dalam hal ini, nantinya akan dilakukan cara bagi hasil penjualan pucuk antara pemilik kebun dan pengelola. Output yang disasar dalam cara kerja manajemen kebun bersama yakni membangun karakter kebun teh rakyat layak dengan standar Good Agriculture Practices (GAP), penyelamatan sector teh rakyat, optimalisasi skor ekonomi berbasis kebun teh serta usaha preventif penanggulangan longsor dan bencana.

Dengan usaha manajemen kebun bersama yang akan dilakukan pada tahun ini ingin bisa mengurangi info yang beredar di perkebunan teh rakyat, memperbaiki cara pengelolaan teh secara tepat sasaran dan efisien serta sedikit demi sedikit berusaha mengembalikan kejayaan perkebunan teh rakyat.