Indonesia adalah negara yang kekayaan alamnya melimpah ruah. Potensi sumber daya alam yang terdapat di Indonesia tersebar luas di seluruh daerah, serta dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan masyarakatnya. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentu memiliki potensi hasil laut yang tidak sedikit. Apalagi, 30 persen dari total 70 persen perikanan Asia Pasifik ada di Indonesia. Kira-kira komoditas hasil laut Indonesia apa saja kah yang di ekspor ke luar negeri?

Potensi lestari sumber daya ikan laut yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan zona ekonomi eksklusif (ZEE) diperkirakan mencapai 12,54 juta ton per tahun. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat adanya kenaikan sebesar 10,8 persen nilai ekspor hasil perikanan Indonesia pada 2019, yaitu sebesar Rp73,6 miliar. Sayangnya, nilai tersebut masih kalah dari Vietnam. Padahal, hasil perikanan Vietnam jauh lebih sedikit ketimbang Indonesia.

Komoditas Hasil Laut Indonesia Yang Di Ekspor Ke Luar Negeri

Sehingga Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan peningkatan kualitas produk kelautan dan perikanan untuk menggenjot volume dan nilai ekspor di 2021. PT Perikanan Indonesia (Persero) menggenjot link sbobet ekspor perikanan atau hasil laut ke Amerika Serikat (AS) dan Jepang pada Desember 2021.

Ini sebagai upaya kontribusi BUMN Perikanan setelah merger dengan PT Perikanan Nusantara. PT Perindo mengekspor whole octopus atau gurita utuh ke dua negara tujuan, yaitu Jepang dan Amerika Serikat melalui dua kantor cabang PT Perindo yakni dari Cabang Belawan ke Jepang dan dari Cabang Makassar ke Amerika Serikat. Keduanya ditempuh melalui jalur laut ke masing-masing negara tujuan.

Dengan kualitas yang baik, hasil laut Indonesia sebenarnya sudah diterima oleh 158 negara di dunia dengan pasar utamanya di Amerika Serikat, China, Jepang, Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapura, Vietnam, Italia, dan Hong Kong. Di tengah situasi pandemi sekalipun, Indonesia berhasil mengekspor 3.200 ton atau senilai Rp194,6 miliar hasil laut ke 13 negara, yaitu Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Mauritius, Reunion, Taiwan, Thailand, AS, Vietnam dan Lithuania.

Komoditas hasil laut Indonesia yang di ekspor tersebut terdiri atas 28 jenis hasil laut, yaitu udang, cumi, paha kodok, sotong, cunang, cakalang, tuna, kakap merah, kerupuk ikan, bawal putih, kepiting kaleng, udang asin, tepung ikan, minyak ikan, keong kaleng, tempura udang, loin tuna, ikan kakak tua, ikan layaran, ikan kerapu, marlin, kepiting salju, ikan gulama, barakuda, cobia, ikan sebelah, dan tepung udang. Sedangkan komoditas utama ekspor hasil laut Indonesia antara lain adalah udang, tuna dan jenis ikan pelagis lainnya, cumi-cumi/gurita, rajungan, ikan demersal, tilapia, dan rumput laut.