Sumber Daya Alam  –  Siapa sih yang tidak tahu sebanyak apa kekuatan sumber daya alam di Indonesia? Sebagian besar negara mengaku Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang paling banyak. Karena itu, banyak negara yang ingin kuasai Indonesia. Bangsa-bangsa asing tertarik dengan kekayaan alam yang dipunyai Indonesia, dimulai dari Kumpulan Situs Slot Online Uang Asli rempah-rempah, minyak bumi, dan kekayaan alam yang lain. Tidak seluruhnya negara mempunyai sumber daya alam sama seperti yang dipunyai Indonesia. Masing-masing benua juga berpotensi dan kekayaan yang berbeda.

Sumber Daya Alam

Kekuatan Sumber Daya Alam Benua Asia

Benua Asia memiliki banyak lembah sungai besar yang subur dan berada pada tatap muka lajur Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sebagai mengakibatkan, Benua Asia berpotensi alam yang mencolok di bagian pertanian dan pertambangan.

1. Sektor Pertanian

Wilayah pertanian prospektif di Benua Asia ada di wilayah sekitaran lembah sungai besar. Kamu dapat saksikan, di Asia Tenggara banyak beberapa negara yang hasilkan padi, khususnya Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Dalam pada itu, di daerah Asia sisi Selatan yang mempunyai hasil padi ialah India, Bangladesh, dan Pakistan. Disamping itu, India mempunyai sumber daya alam lain, seperti sorgum, gandum, dan kapas. Selanjutnya, di Asia tengah populer dengan hasil intinya, yakni gandum, kapas, dan buah-buahan, dan Asia Barat ialah pemroduksi khusus beras dan kopi.

2. Sektor Pertambangan

Beberapa hasil pertambangan yang mencolok di Benua Asia ialah minyak bumi. Beberapa negara pemroduksi minyak bumi ada di Timur tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Untuk timah putih ada di Negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Selanjutnya, batu bara ada di Siberia, Jepang, dan Indonesia. Disamping itu, banyak daerah penting, seperti Semenanjung Korea juga memiliki kandungan mineral, seperti biji besi, batu bara, emas, perak, timah hitam, seng, wolfram, dan grafit.

Kekuatan Sumber Daya Alam Benua Afrika

Benua Afrika berpotensi yang mencolok lho pada sektor pertanian dan pertambangan. Berikut ialah persebarannya:

1. Sektor Pertanian

Pertanian di Benua Afrika ada pada lembah sungai besar, seperti lembah Sungai Oranye di Afrika Selatan, lembah Sungai Zambesi di Zambia dan Mozambik, lembah Sungai Niger di Nigeria, dan lembah Sungai kongo di Zaire.

Beberapa hasil pertanian di lembah sungai itu, diantaranya buah-buahan, jagung, kacang, ubi jalar, dan padi. Sementara hasil tanaman budidaya lain, seperti kapas, jagung, dan kopi ada di Ethiopia dan Sudan.

2. Sektor Pertambangan

Mayoritas wilayah Benua Afrika berbentuk daratan tinggi yang keras dan luas. Tetapi, wilayah ini memiliki kekayaan tambang alam yang besar. Barang tambangnya, diantaranya tembaga, emas, uranium, dan timah yang ada di Zaire. Selanjutnya, di Negara Sudan ada mangan, chrome, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas. Ethiopia mempunyai barang tambang berbentuk emas, tembaga, mangan, dan platina. Sementara Nigeria mempunyai hasil tambang berbentuk minyak bumi, batubara, timah, biji besi, batu pualam, dan batu kapur.